Selasa, 09 November 2010

Bahaya Abu Vulkanik Bagi Kesehatan

Setelah meletusnya gunung merapi di Yogyakarta, sekarang ini sedang gempar-gemparnya wabah abu vulkanik yang dapat dengan cepat tersebar di daerah lain di Indonesia. Namun jangan asal menganggap remeh abu vulkanik ini, karena ternyata banyak mangandung zat-zat yang membahayakan kesehatan kita...

Hujan abu vulkanik mengandung unsur kimia dan senyawa yang membahayakan kesehatan. Material vulkanik ini mengandung silika atau kaca. Ini mengakibatkan mulai iritasi kulit, mata (konjugtivitis), sesak napas, hingga kanker paru-paru. Inilah ancaman lain abu vulkanik dari Gunung Merapi terhadap warga. Efek abu vulkanik bila terkena kulit atau mata, dalam jangka waktu lama dampaknya akan merusak jaringan kulit hingga iritasi. Karena itu, Ralph Girson, Seorang dokter Internis meminta agar warga menghindari lokasi abu vulkanik sejauh-jauhnya. "Menghindari tempatnya, menghindari debunya terutama," tutur Ralph.

Salah satu cara praktis adalah menggunakan masker. Dan sebaiknya gunakan dobel jika yang tersedia hanya masker biasa. Yang paling penting juga masker ini pun harus secara rutin diganti sehari sekali. Bila tidak ada persediaan, paling tidak dicuci sehingga tidak terjadi penumpukan abu vulkanik pada masker.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar