Selasa, 23 November 2010

apakah kryptografi itu?

Di post-kan untuk WARTA WARGA GUNADARMA

Misalkan kamu dan temanmu ingin membuat sistem untuk mengirimkan pesan rahasia satu sama lain. kamu mungkin berkata, "daripada menggunakan huruf, kita gunakan saja angka." Setiap angka menggatikan huruf tertentu di dalam abjad. maka kamu akan mempunyai kode.

kryptografi adalah menulis dengan menggunakan kode rahasia. kadang-kadang lambang digunakan sebagai pengganti kode. Dahulu Julius Caesar menggunakan lambang-lambang untuk menjaga agar pesannya tidak dapat dibaca musuh-musuhnya. dalam jaman modern, lambang dan kode digunakan baik oleh pemerintah atau dalam bisnis untuk pesan penting dan rahasia.

secara umum, ada dua jenis lambang. salah satu adalah pengganti angka, huruf atau simbol lain untuk setiap huruf didalam pesan itu.
kedua tipe ini dapat dikombinasikan sampai tidak terhingga. jenis pertama lebih sederhana dan inilah yang biasanya dibuat oleh anak-anak dengan buku kode yang dimiliki oleh pengirim dan penerima pesan, contohnya adalah sandi morse dalam pramuka.
kode dan lambang dapat dipecah dengan metode langsung, yaitu dengan membuka kodenya atau lambangnya. untuk melakukan ini, diperlukan kunci lambang dan buku kode. ini kadang- kadang sulit dicari.
metode ilmiah untuk membaca kryptogram (pesan rahasia-telah dikembangkan dan disebut analisa krypto). oarng yang membaca kryptogram biasanya harus memastikan bahasa apa yang digunakan dalam pesan rahasia itu. ia harus memutuskan apakah pesan itu dalam bentuk lambang atau kode. tabel kekerapan penggunaan hurug yang digunakan dalam sebuah bahasa dan banyak lagi yang diperlukan untuk memecahkan lambang dan kode :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar