Kamis, 25 November 2010

7 alasan kamu harus makan telur

Telur itu sungguh lezat, terutama bagian kuning telurnya. Tak heran bila orang senang mengolah telur menjadi lauk teman makan nasi. Selain lezat, telur ternyata juga menyimpan berbagai manfaat untuk kesehatan. Bila  kamu masih ragu untuk mengonsumsi telur karena khawatir kolesterol naik, ada tujuh hal yang bisa kamu pertimbangkan lagi:

1. Sumber protein.
Telur sumber protein yang alami, bahkan merupakan satu dari protein berkualitas tertinggi. Bahan makanan ini menyediakan semua asam amino yang diperlukan oleh tubuh kita.

2. Sumber energi.
Butuh sarapan kilat? Ambil saja telur rebus.
Penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi makanan berprotein tinggi untuk sarapan, seperti telur, bisa membantu kamu merasa lebih berenergi dan lebih kenyang sepanjang hari. Manfaat sarapan sendiri juga untuk memperbaiki memori dan meningkatkan konsentrasi.

3. Telur itu ekonomis.
Bila dirata-rata, per butir telur harganya hanya Rp 1.200-Rp 1.400. Artinya, jauh lebih murah daripada bahan makanan berprotein tinggi lain per porsinya.

4. Telur baik untuk jantung.
Penelitian yang telah dilakukan selama lebih dari 30 tahun menyimpulkan bahwa orang dewasa yang sehat bisa menikmati telur tanpa memengaruhi risiko penyakit jantung.

5. Gampang dimasak.
Hanya dengan direbus, dibuat telur mata sapi, atau telur dadar, kamu bisa mendapatkan sarapan yang lezat. Waktu memasaknya tak lebih lama daripada jika kamu membuat sereal atau oatmeal.

6. Baik untuk perkembangan janin.
Telur merupakan sumber kolin, nutrisi penting untuk perkembangan janin dan bayi. Ibu hamil yang mendapatkan cukup kolin dalam menu makanannya bisa membantu mengurangi risiko cacat lahir tertentu pada bayi, dan mendukung perkembangan otak dan memorinya.

7. Mengandung vitamin dan mineral.
Sebutir telur memiliki 13 vitamin dan mineral penting dalam jumlah yang bervariasi. Sebutir telur juga hanya mengandung 70 kalori. Jadi selama tak dikonsumsi berlebihan, telur aman dikonsumsi setiap hari.
 
namun ingat yaa.. tetap jangan mengkonsumsinya terlalu berlebihan. terutama jika memang termasuk alergi terhadap telur ;)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar