Selasa, 23 November 2010

asal mulanya foto ..

Jaman sekarang, kayanya kurang afdol kalo kita ga mengabadikan setiap moment yang terlewati. mau pergi kemanapun, pasti sudah sedia kamera. ntah itu berupa kamera digital atau camera handphone sekaligus.
tapii, pernah ga sih berfikir siapakah yang pertama kali membuat foto?
ini nih cerita awalnyaa..

keinginan manusia untuk membuat foto sudah berasal sejak ratusan tahun. sejak abad ke-11 sampai ke-16, ada sebuah alat yang disebut "kamera kabur", yang merupakan cikal bakal kamera fotografi. tujuannya adalah untuk menunjukkan pada sehelai kertas citra yang dapat diraba dengan tangan untuk memberikan gambar yang akurat dari adegan alami.

pada tahun 1802, dua orang bernama Wedgwood dan Humphry melakukan langkah besar. mereka memotret dengan cetakan sentuhan pada kertas yang dilapisi denga perak nitrat atau perak klorida, bayangan dan citra gambar yang dibuat diatas kaca. tapi mereka tidak dapat membuat cetakan ini permanen.

pada tahun 1816, Joseph Niepce membuat kamera fotografi yang dapat membuat citra negatif. dan pada tahun 1835, William Talbot dapat membuat citra permanen. Talbot adalah orang pertama yang membuat cetakan positif dari citra negatif, yang pertama membuat pembesaran foto, dan yang pertama menerbitkan buku yang berisi ilustrasi foto(pada tahun 1844).

sejak itu seluruh perkembangan dan kemajuan datang susul menyusul. kamera kotak Kodak yang terkenal dipasaran tahun 1888, dan fotografi yang kita kenal sudah dimulai.

kebanyakan proses fotografi tergantung pada bagaimana perak nitrat bereaksi terhadap cahaya dengan berubah menjadi hitam. dan penemuan ini sudah didapatkan pada abad ke tujuh belas oleh ahli-ahli kimia yang berusaha mengubah logam menjadi emas :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar