Minggu, 31 Oktober 2010

Proposal Usaha Warnet


PROPOSAL
PENDIRIAN USAHA


WARNET 

(Warung Internet)


Disusun Untuk Memenuhi Tugas Soft Skill
Nama Anggota Kelompok :
Aisyah Amelia (50407067)
Luthfiana Azizah (50407514)
Rama Daniati (50407)

Kelas : 4IA03 
        UNIVERSITAS GUNADARMA
        2010
PENDAHULUAN
Sebagai seorang insan yang beriman dan bertaqwa maka telah menjadi kewajibanbagi diri kita semua untuk mencari rezeki dengan tangan kita sendiri, dan Islam yangmenjadi landasan perjuangan kami mengatur hal ini sebagaimana firman Allah SWT : “Dan kami jadikan tidurmu untuk istirahat, dan kami jadikan malam sebagai pakaian ,dan kami jadikan siang untuk mencari penghidupan”(QS.An-Naba’ : 9-11). RasulullahSAW pun bersabda: “Tiada seorang makan-makanan yang ebih baik, kecuali hasilusahanya sendiri. Dan Nabi Allah Daud AS juga makan dari hasil angannyasendiri”(HR-Bukhori).
Saat ini kondisi perekonomian sangat jauh tertinggal dan negara-negara kapitalisberupaya terus menguasai perekonomian dunia dan terus memperluas cengkeramannyahingga ke negeri-negeri muslim termasuk Indonesia. Perekonommian semacam ini jelasbertentangan dengan gitrah ekonomi umat yang berlandaskan dengan Al-Qur'an danSunnah dengan prinsip Ta'awunnya, dan memajukan perekonomian kapitalis takubahnya dengan memberikan kemakmuran kepada umat yang terang-teranganmemusuhi umat Islam.
Berangkat dari kesadaran tersebut kami mahasiswi 4IA03 Universitas Gunadarma   Jurusan Teknik Informatika dengan pengetahuan dan keahlian yang kami peroleh dari kampus sehingga kami memiliki keinginan mendirikan dan menjalankan usaha yang bergerak dibidang teknologi informasi.
A.  NAMA  USAHA
Usaha warnet yang kami dirikan  ini kami beri nama “Mix-Net” dengan modal usaha yang kami kumpulkan bersama baik dari keuangan masing-masing maupun dari sponsor-sponsor yang ikut membantu khususnya dalam dukungan dana.
B.  RENCANA LOKASI USAHA
Rencana lokasi operasional usaha akan ditempatkan didaerah yang memenuhi syarat sebagai berikut :
·         Lokasi dekat dengan kawasan perguruan tinggi.
·         Lokasi berada di pusat keramaian, misalnya di pasar dan perkantoran.
·         Lokasi berdekatan dengan perpustakaan atau toko buku.
·         Lokasi berada ditengah kawasan kosan mahasiswa, penduduk.

Lokasi yang kami prioritaskan adalah di Jl.Raya Margonda 101 Kel.Pocin Kec.Beji Kota Depok Jawa Barat, dengan pertimbangan :
·         Lokasi startegis dekat dengan beberapa perguruan tinggi yaitu Universitas gunadarma, Universitas Indonesia, Bina Sarana Informatika (BSI).
·         Lokasi berada di sekitar wilayah kawasan kosan mahasiswa dan pemukiman penduduk.
·         Lokasi dekat dengan pusat keramaian seperti toko buku , mall dan cafe-cafe yang ada di sekitar jl.Raya Margonda 101.

C.  TARGET PELANGGAN
Target pelanggan warnet ini adalah : mahasiswa dan pelajar disekitarnya. Mereka umumnya menngunakan internet hanya untuk hiburan saja yaitu dengan mengakses www.facebook.com atau dengan bermain game onnline. Namun tidak  sedikit pula yang menggunakan internet untuk mencari bahan-bahan untuk tugas dengan mengakses www.google.com.
D.  PERANGKAT KERAS DAN LUNAK
Perangkat keras yang akan digunakan dalam komputer ini adalah :
·         Komputer Pentium 3 built up second sebanyak 10 unit, server dan billing Pentium 4 sebanyak 1 unit  beserta printer.
·         Perangkat jaringan.
·         Koneksi internet menggunakan TelkomNet SDSLWireless dengan kecepatan 256 64kbps dengan rasio 1:18.
·         Sistem operasi yang akan digunakan adalah windows XP.

E.  DANA DAN LABA MODAL SERTA KEUNTUNGAN
Modal yang kami butuhkan untuk medirikan warnet ini plus biaya operasioanl selama 1 bulan pertama adalah  Rp 75.750.000, dengan perkiraan laba bersih minimal Rp 6.500.000, per bulannya. Sehingga usaha diperkirakan akan BEP pada bulan ke (11)sebelas (dengan asumsi 1 bulan pertama belum mendapatkan keuntungan maksimal).     
F.   BAGI HASIL
Prosentase bagi hasil yang kami tawarkan adalah 40% untuk pemodal dan 60% untukpengelola, dengan demikian pemodal diperkirakan akan mendapatkan keuntungansedikitnya Rp 2.600.000/perbulan. Dengan demikian diperkirakan pemodal akan balikmodal paling lama 24 bulan. Dengan demikian usaha ini akan Break Even Point padabulan ke-11 (sebelas).

G. BIAYA PENYUSUTAN
Pada prinsipnya jumlah aset pemodal adalah sama baik pada saat pendirianusaha maupun pada tahun ke-1, ke-2 dan seterusnya. Karena kami menganggarkanbiaya penyususutan sebesar 2,5% perbulan dari semua aset milik pemodal, danapenyusutan ini tetap menjadi milik pemodal sehingga total aset pemodal tetap walaupunnilai barang menjadi susut atau rusak.
H.   STRATEGI PROMOSI
Strategi yang akan kami jalankan pada perusahaan yaitu dengan memberikan paket diskon bagi pengguna warnet yang telah memiliki durasi billing 1 jam dengan diskon tambahan waktu 15 menit gratis, penambahan berlaku unttuk setiap 1 jam berikutnya.          
I.     PENUTUP
Demikian proposal yang kami buat, semoga langkah ini dapat membantu banyak pihak serta turut andil dalam mencerdaskan bangsa dan memberikan lapangan pekerjaan dan memajukan ekonomi Indonesia. Terimakasih.

3 komentar: