Minggu, 31 Oktober 2010

Ponsel Cerdas!

ponsel cerdas!

sepuluh tahun lalu, kita sudah cukup puas dengan fitus SMS di ponsel. tapi sekarang, kalau cuma bisa SMS rasanya basi bener! apalagi melihat perkembangan teknologi ponsel yang berkembang pesat beberapa tahun terakhir.
saat ini, kita nggak hanya bisa merekam gambar dan video saja, tapi sudah bisa melihat wajah penelepon di ujung sana dengan fasilitas 3D. mau kirim e-mail atau ngecek facebook? tinggal pencet keypad, beres deh.
mau edit dokumen, memasang aplikasi tambahan di ponsel, bahkan saking canggihnya kita serasa menenteng komputer mini-bukan lagi ponsel, hehehe


apa sih?
ponsel cerdas sering kita sebut sebagai smartphone. menurut praktisi seluler, Henry SW, sebenernya nggak ada definisi baku dan mutlak mengenai istilah smartphone.
"secara umum, ponsel bisa disebut smartphone jika memiliki beragam fungsi tambahan selain untuk telepon dan SMS. smartphone memungkinkan penggunanya melakukan personalisasi sesuai kebutuhan,
misalnya install aplikasi tambahan. dan kelebihan lainnya yaitu memungkinkan pihak ketiga untuk mengembangkan aplikasi dan menggunakan sistem operasi yang bersifat terbuka-artinya bisa terus dikembangkan, deh".
untuk saat ini, ada puluhan tipe dan merk ponsel yang bisa dikategorikan smartphone. beberapa diantaranya Nokia E71, Samsung SGH-i780, Motorola Q9, LG KT610 dan Blackberry(BB) 8900.

banyak penggemar!
meski membidik kalangan profesional, hampir semua orang (jadi) butuh smartphone. kenyataannya, ada sebagian orang yang punya smartphone hanya untuk gengsi atau gaya-gayaan,
padahal sebenarnya nggak terlalu butuh fitur yang ada-bahkan nggak pernah sekalipun dipakai.
ingat kan beberapa waktu lalu banyak orang heboh dengan BB karena memudahkan akses browsing, chatting, hingga update status di facebook, begitu iPhone muncul, tren cepat berganti.
sebelum tergoda keberadaan smartphone, cek lagi kemampuan dan kebutuhan masing-masing jangan sampai besar pasak daripada tiang ya :)

(+)
*kita bisa mengatur isi ponsel sesuai kebutuhan
*cukup bawa satu gadget yang bisa dimasukkan ke saku, beragam hal dapat dilakukan
*bisa bawa data secara portabel dalam jumlah yang cukup besar

(-)
*kalau nggak ngerti fungsinya, kita malah bisa dibikin pusing saat menggunakannya
*berhubung spesifikasinya memang lebih tinggi dari ponsel biasa, otomatis harganya juga lebih mahal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar