Kamis, 13 Januari 2011

Penulisan Ilmiah kuu :)

Alhamdulillah!! itulah kata pertama yang keluar dr mulutku saat tau telah lulus dr penulisan ilmiah atau PI (eja: pe-i) semua mahasiswa gunadarma pasti tau gmn perasaan, usaha, pikiran, dan perjuangan yang di keluarkan untuk menyeleseikan mata kuliah dengan 2 sks ini. yaa 2 sks yang mendebarkan..
tapii.. karna emang udah wajibnya mahasiswa semester 6 mulai membuat PI makaa, aku pun baru mulai memikirkannya saat telah mendapat DP (baca: Dosen Pembimbing) yaitu Ibu Tavipia Rumambi, SKom, MMSI. awalnya aku ingin membuat sebuah animasi menggunakan Flash. tapi si Ibu DP tersayang tak mengizinkan :cry.
maka aku pun memutar otak, makan banyak, dan tidur pulas (edaann) demi mendapatkan judul PI yang di bolehkan oleh semua pihak. akhirnya.. satu judul ku temukan. sambil tersenyum manis, ku temui ibu DP dan menunjukan judul serta gambaran dari aplikasi impian kuu..
daann..
si Ibu DP pun mengizinkan, Alhamdulillah..
maka judul PI- ku adalaahh..


APLIKASI PEMESANAN MAKANAN SECARA ONLINE MENGGUNAKAN J2ME

Tujuan aku membuat penulisan ini adalah untuk dapat menghasilkan program aplikasi pemesanan makanan yang dapat digunakan pada telepon selular serta mempermudah jika akan memesan makanan dimananpun user berada asal terjangkau oleh tempat makan tersebut dengan mudah. Serta membantu restoran yang menyediakan layanan ini untuk memasarkan produk makanannya secara efektif ke banyak orang.

Dalam penulisan ini aku akan merancang bangun aplikasi client-server dengan menggunakan beberapa teknologi yaitu: PHP, MySQL dan J2ME. Di sini aku akan  melakukan koneksi PHP ke database MySQL, membuat fungsi dan menangani HTTP Request GET. Sedangkan untuk sisi client, aku akan membuat bagaimana melakukan koneksi jaringan dengan protocol HTTP, bagaimana membuat aplikasi bisa berjalan secara threading dan bagaimana menggunakan interface.

Perangkat lunak (software) yang digunakan yaitu:
a.  J2SDK, merupakan Toolkit yang menyediakan librari librari untuk pembuatan aplikasi menggunakan bahasa pemrograman Java.
b.  Navicat for MySQL, software ini digunakan untuk membuat database.
c.  NetBeans IDE 6.5M1, software ini merupakan emulator untuk menjalankan aplikasi yang telah dibuat di komputer sebelum benar benar dijalankan di ponsel.
d. XAMPP, software sebagai simulasi server berupa server localhost.
 dan alur dari aplikasinya sebagai berikut:

IDE (Integrated Development Environment untuk coding J2ME dan PHP)
Netbeans adalah IDE yang sangat populer untuk Java. Netbeans memiliki beberapa pilihan paket untuk didownload. Dalam penulisan ini aku menggunakan Netbeans 6.5 Mobility. Kenapa bukan Netbeans 6.5 Full? karena menggunakan Netbeans 6.5 Full, harus download lebih besar dan karena dalam paket ini termasuk server aplikasi Glassfish yang kalau tidak dimatikan bisa membuat beban komputer kamu menjadi besar). Tampilan Script Program aku menggunakan Netbeans ..

 

Database dari Menu dan Pemesanan :


Disini aku menggunakan database menggunakan MySQL untuk menyimpan data pelanggan yang nantinya akan diakses oleh aplikasi J2ME yang aku buat. aku suka MySQL. Alasannya sama dengan pengguna MySQL lain: gratis, cepat, dan mudah dipelajari (terutama jika dikaitkan dengan program yang akan aku gunakan untuk mengaksesnya, PHP). Kenapa ga RMS? Memang saat ini teknologi yang bisa digunakan di ponsel adalah RMS. Namun RMS memiliki banyak kekurangan jika dibandingkan dengan tujuan ini.
1. RMS bukanlah database relational yang mengijinkan kita melakukan query SQL. RMS, jika boleh aku gambarkan, lebih mirip dengan database masa lampau yang hanya dapat diakses per record dengan menyebutkan id-nya.
2. Masalah yang lain adalah bahwa data yang disimpan di dalam RMS hanya tersimpan di ponsel. Jika kita ingin, kemudian, mentransfer data tersebut ke server database atau ke komputer kita, maka kita harus membuat program untuk pengirimannya (ini masalah karena berarti dua kali kerja).

Menambahkan file PHP
 Pada program ini, PHP hanya digunakan untuk membuat script yang berisi perintah SQL yang akan dieksekusi sesuai permintaan aplikasi client. Jadi, PHP tidak digunakan untuk membuat website.
Fungsi script PHP ini sebagai jembatan antara aplikasi user (mobile device application) dengan database. Dan digunakan untuk menampung request data dari aplikasi client, kemudian merespon request tersebut.

daaaaaann, hasil akhir dari Aplikasi yang aku buat seperti ini niihh ...


 



 selesai! :D

oiyaa, dalam penulisan ini aku mau banyak2 berterima kasih buat :
1. Allah SWT atas berkat, rahmat, dan karuniaNya sehingga penulis dapat menyelesaikan Penulisan Ilmiah.
2. Ayah untuk restunya dari atas sana, Ibu tersayang, kedua kakak terbaikku Nissa dan Surya yang tak pernah henti memberikan semangat secara materil dan spiritual sehingga penulis dapat menyelesaikan penulisan ini.
3. Mas Aji, programmer yang telah banyak memberikan saran dan informasi tentang aplikasi client server ini.

Sungguh sebuah suatu pembelajaran dan pengalaman yang berkesan selama proses pembuatan penulisan ini, Semoga bermanfaat !


-Fia :)



7 komentar:

  1. kak.. anak gundar juga? jurusan SI y?
    klo databasenya pke RMS ngerti ga kak?
    soalnya aq mau bkn pi kamus bingung databasenya.. -____-"

    BalasHapus
  2. lut...sori gnggu,gw dodo anak gundar jg..gw ud smstr akhir..gw bisa g minta tolong...gw tertrik ni ama PI lo ni lut...bole ga gw mnta PI lo buat PI gw,gw mau kembangin lg..klo bole lo sms in gw ke 085780265507..plis soalny gw perlu bgt..lo masih ad syntax programny kan..dan masih ad kan penlulisan dlm bntuk jadinya...mngkin gw mnta or pinjem bntr...makasih y lut..klo ud baca pesan gw mohon lo lsg sms gw ya....thank u

    BalasHapus
  3. boleh minta source codenya gak?? kalo boleh tolong kirim ke na2_bonk@yahoo.co.id

    BalasHapus
  4. boleh minta coding'a ga??
    cz aq dah selesai sidang PI. tapi dosen revisi'a minta pake database..
    klo pake rms tau ga?

    bls k email ini y..
    ananur7@gmail.com

    BalasHapus
  5. boleh tau codingnya??
    kalau boleh..skalian minta yaa buat refrensi projectku....
    :)

    kirim ke email tichasay@gmail.com

    trimakash

    BalasHapus
  6. kakak boleh minta coding na, buat bahan skripsi aku..
    klau bisa, kirimkan ke dedi.maha@gmail.com ya kak.
    bantuan kakak sangat di butuhkan..
    terimakasih sebelumnya
    :)

    BalasHapus