Kamis, 13 Januari 2011

Membuat Objek Pohon dengan Anim8or

MEMBUAT OBJEK POHON DENGAN ANIM8OR

           Oke, Dalam tulisan kali ini, aku akan membahas tentang pembuatan pohon 3D dengan menggunakan Anim8or. sebenernya tutorial ini udah pernah di-uji-kan di lab grafik komputer Universitas Gunadarma, dan lulus disidang-kan (aheeeyy). Maka engga ada salahnya kalo saya share skedar berbagi ilmu. maaf yaa sebelumnya kalau2 ada kata yang cukup aneh dan hasil objek yang aneh pula. hehhehe.. here we goess..
Dalam pembuatannya, kita akan membuat tiga objek yang nantinya akan digabungkan menjadi satu gambar. Selama pembuatan objek ini, kita akan menggunakan banyak fundamental dari anim8or.
1.      1. Membuat Batang Pohon
·        Pertama-tama, bukalah Anim8or.exe . kemudian buatlah sebuah silinder sederhana. Tombolyang dibutuhkan adalah add Cylinder (lihat gambar 1). Caranya kita hanya menariknya ke arah atas dan bawah. Dan silinder tersebut akan berbentuk vertikal. Berikut ini gambarnya:

Gambar 1

·         Kemudian, kita dapat mengubah size sebuah silinder  sesuai dengan kebutuhan. Arahkan mouse ke silinder yang telah dibuat, lalu double-klik. Maka akan muncul dialog box seperti gambar.2:
Gambar 2

·         Nilai location merupakan koordinat suatu objek yang akan menghasilkan 3D dalam editor. Diameter akan mengatur lebar dari silinder. Jika ingin membuat bentuk kerucut, maka masukkan nilai 0. Division tidaklah begitu penting, biasanya nilai dalam menu selalu default. Length berfungsi untuk mengatur panjang dari objek, dan Cap untuk menutup ujung dari silinder. Bagian material akan kita lakukan nanti, pada saat proses texturing. Sekarang, kita akan memasukkan nilai 15 start dan end. Dan 75 untuk length. Klik OK.
Gambar 3

·         Sekarang, kita akan menyimpan object silinder tadi. Pilih menu Settings yang berada diatas screen, pilih “object…”, dan namakan object ini “Batang”.

·         Sebelum kita menggunakan silinder ini lebih lanjut, silinder terlebih dahulu harus menjadi mesh. Select silinder, lalu pilih menu Built dan pilih “Convert to Mesh.” Maka garis yang mengelilingi objek akan berubah warna dari kuning menjadi putih.

·         Selanjutnya kita akan membuat pohon terlihat seperti asli, dengan menambahkan akar namun tidak terpisah dengan objek batang. Maka pilihlah mode Point Edit. Disebelah kiri atas terdapat empat tombol mode, dengan satu tombol bergambar tiga titik point. Itulah Point Edit Mode.
Gambar.4

·      Jika ingin melihat objek dengan semua titiknya, maka pilih tombol wireframe. Tombol ini digunakan untuk mengubah bentuk asli dari objek dengan cara menarik titik yang diinginkan.
Gambar.5
·      Maka objek batang akan terlihat seperti gambar dibawah ini:
Gambar.6

·         Selanjutnya pilih tombol select ( lihat gambar 7). Lalu pilihlah titik terbawah dari objek batang untuk membuat akar. Maka titik yang kita pilih, akan terlihat berwarna putih.
Gambar.7

·         Pilih tombol Move yang berada dibawah tombol cursor select. Lalu pada ttik yang ingin dirubah tadi, kita tarik secara lurus ke arah kiri (lihat gambar.8).
Gambar.8
·         Sekarang kita telah memiliki akar yang terdapat di kaki batang. Jika ingin melihatnya dengan baik, pilihlah tombol Arc Rotate tool (lihat gambar.9) lalu tekan tombol kiri mouse dan putarlah mouse sejauh pandangan terbaik kita. Kita akan melihat pandangan yang berbeda dari setiap sudut, dan akan dinamakan dengan “user1”.
Gambar.9
·         Selanjunya, ulangi langkah untuk membuat beberapa akar. Perhatikan gambar.10 untuk membuat akar dengan memilih “Top” view.
Gambar.10
·         Setelah kita membuat beberapa akar dari pohon dengan menarik titik terbawah dari batang, maka kembalilah ke editor awal dengan memilih cursor (lihat gambar.11). lihatlah gambar akhir dari akar pohon dengan melihat dari “user2” view (lihat gambar.12).
Gambar.11
Gambar.12

·         Langkah berikunya, kita akan membuat texture dari objek. Lakukan double-klik pada objek batang. Maka akan muncul dialog box “Mesh Editor”.
Gambar.13
·         Didalam Material, sudah tersedia default, namun kita akan membuat warna baru dengan memilih “new”. Maka akan muncul tampilan window seperti gambar.14.
Gambar.14

·         Selanjutnya pilih tanda “-“ pada diffuse. Dan akan muncul tampilan seperti berikut:
Gambar.15

·         Dalam menu ini, kita klik “Load Texture” dan pilih image yang ingin dijadikan sebagai texture. Lalu gambar akan muncul di list di bawah “CHECKS”. Dan klik OK. Masukkan nilai 0 di specular untuk mengatur bayangan dari pohon. Lalu klik OK.
Dan gambar.16 adalah hasil dari texture mode.
Gambar.16

2.      2. Membuat Daun Pohon
·         Kita akan membuat object baru, yaitu daun. Maka pilihlah menu Object dan klik “New”. Lalu buatlah sebuah lingkaran dengan memilih menu Build-Primitives-Sphere. Tariklah mouse sehingga kita dapat membentuk sebuah lingkaran.
 
Gambar.17
·         Lalu jadikan objek daun sebagai mesh. Dengan memilih menu Build dan pilih “Convert to Mesh”. Maka garis yang mengelilingi objek akan berubah warna dari kuning menjadi putih.

·         Selanjutnya, pilih mode Point-Edit untuk membuat object daun  mempunyai tekstur yang bergelombang dengan cara menariknya. Langkah yang kita lakukan, sama dengan langkah ketika membuat sebuah akar. Pilih titik yang ingin dirubah, lalu klik tombol move untuk menariknya.
Maka akan tercipta objek seperti di bawah ini:
Gambar.18

·         Untuk membuat permukaan objek terlihat lebih halus, pilih menu Build dan klik “Subdivide Faces…” dan akan keluar dialog box Smooth Parameters, masukkan nilai 0 (lihat gambar.19). Klik OK dan hasilnya akan seperti gambar.20.
Gambar.19

                                Gambar.20
·         Langkah berikutnya adalah pewarnaan objek daun. Double-clik objek daun, maka akan muncul dialog box mesh editor. Pilih new pada Material dan klik tombol “-“, langkah yang sama seperti yang kita lakukan pada tahap texture objek batang. Kemudian di dalam Material Editor, kita dapat memilih warna sesuai dengan keinginan pada box penuh warne yang terletak di bawah window (lihat gambar.21).
Gambar.21
·         Pilihlah warna yang kita inginkan dengan menggunakan panah yang berada diantara warna-warna tersebut. Jika sudah menemukan warna yang diinginkan, klik OK. Lihat gambar.22 untuk hasil warna hijau pada objek daun.
Gambar.22
·         Terakhir, simpan objek dengan memilih Settings-“Objects…”. Dan beri nama Daun.

3.      3. Building Pohon
            Setelah kita membuat objek-objek, langkah terakhir adalah membuild objek tersebut agar dapat menjadi satu gambar. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:
·         Pilih menu Mode, dan klik “Scene”. Maka akan muncul tampilan screen seperti gambar dibawah ini:
Gambar.23
·         Hal yang penting dalam scene adalah kamera. Kamera mengontrol apa yang tampak di gambar yang kita render. Sekarang, kita akan mengubah view menjadi “camera”. View kamera terletak di tempat yang sama dengan view “Front”, “Top”, dan yang lainnya. Disini, kita tidak akan menggunakan lantai, jadi matikkan fungsi lantai dengan memilih menu Settings-“Environment…” lalu uncheck “Ground Grid”.

·         Selanjutnya masukkan objek Batang dan Objek Daun untuk membuat Pohon. Yaitu dengan memilih menu Build-“add Object…” dan pilih “Batang” klik OK. Lakukan hal yang sama untuk memasukkan objek Daun.

·         Setelah semua objek berada dalam scene, atur letak batang dan daun dengan tool move. Pindahkan ke berbagai view untuk melihat titik tengah dari pohon. Jika objek terlalu besar atau terlalu kecil, kita dapat mengaturnya dengan memilih tool Scale(gambar.24) untuk membuat ukurannya menjadi pas.
Gambar.24
·         Setelah semua object disatukan dengan ukuran yang cocok, maka hasil akhir dari Pohon 3D menggunakan Animator  akan terlihat seperti gambar dibawah ini:
Gambar.25

yap.. selamat mencobaa :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar